Hobi Murah Meriah

pic from gettyimages

pic from gettyimages

Teringat kisah teman-teman dekatku, mereka punya kegemaran balapan motor dan tak jarang motor kepunyaan mereka dimodifikasi sedemikian rupa. Mereka sering bilang “hobi kami mahal loh..”.  Ya..jelas mahal terutama bagi para firstjobber. Mungkin untuk yang sudah profesional hobi ini terbilang murah.

Semua orang pasti memiliki satu bahkan lebih hal yang paling disukai untuk dilakukan. Punya hobi itu bagus, justru aneh kalau ada orang tak punya hobi.  Tapi kita sering berasumsi bahwa hobi itu adalah sesuatu yang mahal, membutuhkan uang yang tak sedikit. Bahkan tak jarang menguras dompet bulanan. Tapi jangan panik, bukan berarti kita tak memiliki harapan lagi. Ada beberapa cara untuk membuat pengeluaran hobi tetap rasional tanpa harus kehilangan kenikmatan dalam melakoninya.

Beberapa alternatif kegiatan jika isi kantong belum bisa menunjang kegemaran:

Membaca

Walaupun tak semua orang senang dengan membaca tapi ini bisa dijadikan kegiatan yang berguna nan hemat. Sebagian orang rela mencari buku-buku bacaan, komik, novel ke pasar bekas, misalnya di Kwitang, Jakarta Pusat ataupun Blok M, Jakarta Selatan. Dengan mengeluarkan budget sedikit  Anda bisa membawa pulang beberapa komik atau novel. Perbandingannya mungkin dengan harga buku baru bisa 1:3, hemat bukan?

Atau Anda bisa menjadi member di perpustakaan daerah, dengan hanya mengeluarkan uang sedikit untuk menjadi anggota, sudah bisa menikmati limpahan buku dan pengetahuan.

Berkebun

Kegiatan ini mungkin agak sedikit terlupakan namun ada baiknya kita mulai memperhatikan lagi alam sekitar dimulai dari lahan pekarangan yang terbatas. Peralatan berkebun bisa didapatkan di penjual barang bekas, atau membuat sendiri pot dan vas dari kaleng atau wadah bekas. Mulailah dengan bibit dan varietas bunga-bunga yang berwarna-warni. Tak lama kemudian, bibit-bibit itu akan menjadi tanaman yang indah. Selain menghemat uang, Anda juga bisa menikmati indahnya warna pekarangan dan segarnya udara.

Memasak

Kata siapa hobi memasak hanya dilakoni oleh perempuan? Buktinya banyak chef kelas dunia yang bergender pria. Berbelanjalah bahan masakan yang murah dan bervariasi ke pasar tradisional. Gunakan juga strategi menawar yang jitu. Susun menu harian yang membuat Anda lebih berselera makan tetapi masih bersahabat dengan isi dompet.

Olahraga

Bagi penyuka olahraga yang memerlukan investasi besar untuk membeli peralatan, mungkin Anda bisa memulainya dengan menyewa peralatannya sebelum membelinya sendiri sambil menyisihkan sebagian penghasilan bulanan untuk membelinya.

Banyak alternatif kegiatan lainnya yang bisa dilakukan, terutama untuk menyalurkan hobi. Tapi Anda harus tetap mengendalikan pos pengeluaran untuk sektor hobi jangan sampai mengganggu pos pengeluaran untuk kewajiban lainnya. Mudah-mudahan saja hobi kita semua merupakan hal yang positif yang nantinya bermanfaat bagi diri kita dan lingkungan sekitar.

Vevi Retno|Research|@Vevz3

« Older Entries